welcome screen

clock and calender wana..........

Kamis, 08 Januari 2009

Satuan Karya Wanabakti Jombang

Satuan Karya Pramuka (Saka) adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Satuan Karya diperuntukkan bagi para Pramuka Penggalang Terap, Pramuka Penegak dan Pandega, dan para pemuda usia 14-25 tahun dengan syarat khusus. Setiap Saka memiliki beberapa krida, dimana setiap Krida mengkususkan pada sub bidang ilmu tertentu yang dipelajari dalam Satuan karya tersebut. Setiap Krida memiliki SKK untuk TKK Khusus SAKA yang dapat diperoleh Pramuka yang bergabung dengan Krida tertentu di sebuah Saka. Satuan Karya juga memiliki kegiatan khusus yang disebut Perkemahan Bhakti (Perti) Satuan Karya.

Satuan Karya Pramuka saat ini di Jombang ada 9, yang membidangi bidang tertentu. Kesembilan satuan karya tersebut ialah :

1 Saka Dirgantara
2 Saka Bhayangkara
3 Saka Bahari
4 Saka Bakti Husada
5 Saka Kencana (Keluarga Berencana)
6 Saka Wanabakti
7 saka panduwisata
8 saka baktibudaya
9saka wirakartika

Sasaran pembentukan Saka bagi Pramuka adalah agar selama dan setelah mengalami pendidikan dalam Saka, mereka :

memiliki tambahan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan yang dapat mendukung kehidupan dan penghidupannya atau pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara.
meningkatkan kemantapan mental dan fisiknya
memiliki rasa tanggungjawab atas dirinya, masyarakat, bangsa dan negara serta tanggungjawab kepada Tuhan Yang Maha Esa.
memiliki sikap dan cara berfikir yang lebih matang dalam menghadapi segala tantangan dalam hidupnya.
dapat melaksanakan kepemimpinan yang bertanggungjawab, berdaya guna dan tepat guna.
dapat menyelenggarakan berbagai kegiatan yang positif, berdaya guna dan tepat guna sesuai dengan minat dan bakatnya.
menjalankan secara nyata Tri Satya dan Dasa Darma....

Who I Want to Meet:

Satuan Karya Pramuka (Saka) Wanabakti adalah wadah bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk melaksanakan kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa tanggungjawab terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup.
Tujuan dibentuknya Saka Wanabakti adalah untuk memberi wadah pendidikan di bidang kehutanan kepada anggota Gerakan Pramuka, terutama Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega agar mereka dapat membantu membina dan mengembangkan kegiatan pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, melaksanakan secara nyata, produktif dan berguna bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega sebagai baktinya terhadap pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.


Kegiatan kesakaan dilaksanakan di gugusdepan dan satuan karya Pramuka disesuaikan dengan usia dan kemampuan jasmani dan rohani peserta didik. Kegiatan pendidikan tersebut dilaksanakan sedapat-dapatnya dengan praktek berupa kegiatan nyata yang memberi kesempatan peserta didik untuk menerapkan sendiri pengetahuan dan kecakapannya dengan menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan keperluannya.


Anggota Saka Wanabakti adalah :

Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega
Pembina Pramuka sebagai Pamong Saka dan instruktur tetap
Pemuda calon anggota Gerakan Pramuka yang berusia 16-25 tahun.

Syarat menjadi Anggota Saka Wana Bakti :

Membuat pernyataan tertulis secara sukarela untuk menjadi anggota Saka Wanabakti.
Untuk calon anggota Gerakan Pramuka dan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega, mendapat izin tertulis dari orang tua/wali, pembina Satuan dan Pembina Gugusdepan.
Untuk Pamong Saka mendapat persetujuan dari Pembina Gugusdepannya dan telah mengikuti Kursus Pembina Pramuka tingkat Dasar.
Instruktur tetap memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kecakapan di bidang Saka Wanabakti.
Pamong Saka dan Instruktur tetap, diangkat oleh Kwartir Cabang.
Sehat jasmani dan rohani
Sanggup mentaati semua peraturan yang berlaku.

Saka Wanabakti meliputi 4 (empat) krida, yaitu :

Krida Tata Wana
Krida Reksa Wana
Krida Bina Wana
Krida Guna Wana.
Krida Tata Wana, terdiri atas 3 (tiga) SKK :


SKK Perisalah Hutan
SKK Pengukuran dan Pemetaan Hutan
SKK Penginderaan Jauh.

Krida Reksa Wana, terdiri atas 13 (tiga belas) SKK :


SKK Keragaman Hayati
SKK Konservasi Kawasan
SKK Perlindungan Hutan
SKK Konservasi Jenis Satwa
SKK Konservasi Jenis Tumbuhan
SKK Pemanduan
SKK Penulusuran Gua
SKK Pendakian
SKK Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan
SKK Pengamatan Satwa
SKK Penangkaran Satwa
SKK Pengendalian Perburuan
SKK Pembudidayaan Tumbuhan.

Krida Bina Wana, mempunyai 7 (tujuh) SKK :


SKK Konservasi Tanah dan Air
SKK Perbenihan
SKK Pembibitan
Penanaman dan Pemeliharaan
SKK Perlebahan
SKK Budidaya Jamur
SKK Persuteraan Alam.

Krida Guna Wana, mempunyai 6 (enam) SKK :


SKK Pengenalan Jenis Pohon
SKK Pencacahan Pohon
SKK Pengukuran Kayu
SKK Kerajinan Hutan Kayu
SKK Pengolahan Hasil Hutan
SKK Penyulingan Minyak Astiri.

Hasil yang diharapkan setelah mengikuti kegiatan Saka Wanabakti adalah agar para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega :

Memiliki rasa cinta dan tanggungjawab terhadap hutan dengan segala isi dan kekayaan yang terkandung didalamnya, serta kesadaran untuk memelihara dan melestarikannya.
Memiliki tambahan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan di bidang kehutanan yang dapat mengembangkan pribadinya.
Memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi segala tantangan hidup dalam hutan dengan tetap memperhatikan keamanan dan kelestarian hidup.
Memiliki disiplin dan tanggungjawab yang lebih mantap untuk memelihara kelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup.
mampu menyelenggarakan kegiatan-kegiatan Saka Wanabakti secara positif, berdaya guna dan tepat guna, sesuai dengan bakat dan minatnya sehingga berguna bagi pribadinya, masyarakat bangsa dan negara.
mampu menyebarluaskan pengetahuan, keterampilan dan kecakapannya kepada Pramuka Siaga dan Pramuka Penggalang serta anggota lainnya

WANABAKTI JAYA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks yow dah mw comment di web kami.. ^_^

wanabakti jaya

Sanggar Saka Wanabakti Jombang

Sanggar Saka Wanabakti Jombang
Base camp kita nie.... n letaknya di kawasan Perum PERHUTANI KPH Jombang.

Pendakian Gunung Penanggungan - Mojokerto

Pendakian Gunung Penanggungan - Mojokerto
kegiatan akhir tahun Saka Wanabakti yaitu pendakian bersama di Gunung Penanggungan - Mojokerto. Perjuangan nie menghadapi alam liar....

Gerak Jalan HUT RI ke 64

Gerak Jalan HUT RI ke 64
Regu gerk jalan putri Saka Wanabakti Jombang dalam peringatan HUT RI ke 64 pada 12 agustus 2009 di alon - alon jombang.

gerak jalan HUT RI ke 64

gerak jalan HUT RI ke 64
nie reguputra SKWB untuk lombagerak jalan.....

outbond Pengambilan Badge SKWB 0809

outbond Pengambilan Badge SKWB 0809
Salah satu kegiatan pada kegiatan Pengambilan badge periode 0809 adalah outbond ular buta. setelah lelah oleh kegiatan jalan malam, waktunya untuk refresh penghilang penat. Cape Dech......

Penjelajahan Pengambilan Badge SKWB 0809

Penjelajahan Pengambilan Badge SKWB 0809
nie kegiatan pokok pengambilan badge 0809 yaitu penjelajahan mulai pukul 00.00 WIB sampai 09.00 WIB di sekitar Perum PERHUTANI KPH Jombang. Uhhh, Cape tw"....

Baca yow.... penting ni....

brosur Saka Wanabakti 2008/2009

brosur Saka Wanabakti 2008/2009
Ini brosur Saka Wanabakti 2008/2009. Gimana menurut kalian, bagus ga.....! hitung-hitung perjuangan lo...

please, rangkai nie biar jdi bagus gto...

Myspace Layouts & CommentsMyspace Layouts @ JellyMuffin.com

perjalanan kakak - kakakQ

perjalanan kakak - kakakQ
perjalanan ke suatu tempat bersama-sama kan enak.......... ^_^ ( from petir community)

PERSEMAIAN WANA

PERSEMAIAN WANA
nie keg qta waktu bulan puasa tahun 2008, membuat persemaian di halaman samping Padepokan Wanabakti Jombang. semangat ya kak...................

kakak - kakak Wanabakti

kakak - kakak Wanabakti
eui...... narsis nie kakak - kakak".... nie nak wanabakti yang dah senior,mgkin bisa banttu kakak,.....

Gerak Jalan HUT TNI 2008 di KODIM JOMBANG

Gerak Jalan HUT TNI 2008 di KODIM JOMBANG
nie perwakilan Saka Wanabakti untuk gerak jalan HUT TNI di KODIM Jombang, meskipun qt cuma tamu di keg tu pie qta tetep semangat loe....... cz WANABAKTI JAYA

LOSIPRAM MALANG

LOSIPRAM MALANG
Keg fotografi yg diikuti oleh M. Muzahhir Naim nie keren juga loe cz selain kut keg x qta juga dapat tambahan ilmunya....... seru kan..................^_^

LOSIPRAM MALANG

LOSIPRAM MALANG
selain untuk mengikuti keg, qta juga perlu new friends donk untuk tukar pengalaman gto............. ^_^

LOSIPRAM - mz putra belajar nembak

LOSIPRAM - mz putra belajar nembak
ehm...ehm ... serius bgt ce kak, awaz loe klo ga kena sasaran.......

LOSIPRAM MALANG

LOSIPRAM MALANG
Armada Wanabakti yg kut LOSIPRAM with our friends. majang nie kak...................

nak wana yg ikut LOSIPRAM

LOSIPRAM - temen baru

LOSIPRAM - temen baru
nie temen-temen baru kita waktu LOSIPRAM, untung2 dpat ilmu baru. btw keren banget ce... teman baru. semangat baru...^_^

Persiapan penjelajahan di LOSIPRAM

Persiapan penjelajahan di LOSIPRAM
1, 2 .... rombongan wanabakti jombang mau menjelajah alam nie,,,,semangat ya kak...........

foto bareng

foto bareng
para anggota dan para instrukturn lagi mejeng bareng nie.....????

instruktur saka dan bapak ADM

instruktur saka dan bapak ADM
para petinggi saka wanabakti akan melepas kepergian anak didik mereka untuk mengikuti pelantikan anggota saka wanabakti. Let's go.....

seru ni kegiatannya..... tetep kompak ya...

Upacara adat Saka Wanabakti Jombang

Upacara adat Saka Wanabakti Jombang
Setelah mengucapkan janji saka, waktunya upacara adat..

Mas Salamun

Mas Salamun
Hwe..... Ni Mas Salamun, senior wana nie punya hobi mendaki loe. gimana keren ga gayanya yang so" imut...... Hwe.... jangan marah ya kak....

Apel rutin tiap hari minggu

Apel rutin tiap hari minggu
Apel pembukaan sebelum acara latihan rutin dilaksanakan. Tetap semangat ya......

Pengambilan bet Saka periode 2007/2008

Pengambilan bet Saka periode 2007/2008
Pengambilan bet Saka di Kedung Sewu. senangnya habis dapat bet.....

Penurunan Tebing

Penurunan Tebing
Penurunan tebing di kedung sewu yang termasuk dalam krida Reksa wana. Hebat nie anak wana....

Gladian PPTS 2007/2008

Gladian PPTS 2007/2008
Gladian anak wana oleh senior ketika PPTS 200/2008. Aduh....jangan galak-galak donk kak....

Penulusuran sungai

Penulusuran sungai
ngapain bu.. Becek2an nyari ojek yach... eh, ati2 ya ntar digigit ikan lo yow...

Gladian PPTS yang ke 2

Gladian PPTS yang ke 2
"Ayo cepet jalan" kata kakak senior. " aduh, capek nie kak pi seru ce....he..." kata anak wana

persiapan outbond PPTS 2008/2009

persiapan outbond PPTS 2008/2009
ya....tegap banget ni orang, ati2 lo susah buat napas...tapi tetep gagah kog, ga da tandingannya dwehhh....???

Penghargaan regu terbaik PPTS 08/09

Penghargaan regu terbaik PPTS 08/09
pemberian penghargaan bagi sangga terbaik saat ppts 08/09. makasih...makasih...... seneng bgt ce...

PPAS 0910 - Mz David

PPAS 0910 - Mz David
nie kakak senior Wanabakti, namanya kak David, keren ga gayanya.....

PPAS 0910 - Free time

PPAS 0910 - Free time
mumpung gie free nie, nyantai dulu ah.... ga pa2 kan, kan cape'" kegiatan terus....he...^_^

PPAS 0910 - suasana tenda peserta

PPAS 0910 - suasana tenda peserta
nie keadaan tenda + penghuni tenda salah satu peserta PPAS 0910, nie anak jelek pa cantik ya....

PPAS 0910 - penelusuran sungai

PPAS 0910 - penelusuran sungai
disela-sela kegiatan, narsis dulu ga pa2 ya.... he..^_^